#Soysola

#Soysola

Sosiologi 4. Mengapa ilmu komunikasi termasuk dalam kelompok pendekatan social sciences?

4. Mengapa ilmu komunikasi termasuk dalam kelompok pendekatan social sciences?

Ilmu komunikasi termasuk dalam kelompok pendekatan social sciences karena ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku individu dari manusia itu sendiri juga mempelajari tentang bagaimana manusia itu melakukan interaksi antar sesama manusia.

Penjelasan:

Manusia sebagai makhluk sosial yaitu tidak bisa hidup sendiri. Manusia butuh teman, butuh hidup berkelompok. Lalu bagaimana cara manusia melakukan interaksi tersebut? Manusia berinteraksi satu sama lain dengan cara komunikasi. Sehingga dalam dunia pendidikan terdapat sebuah pelajaran tentang ilmu komunikasi.

Ilmu komunikasi adalah merupakan sebuah pelajaran tentang bagaimana manusia melakukan proses penyampaian pesan dengan cara efektif kepada orang yang dituju.Tidak hanya itu saja di dalam ilmu komunikasi kita diajarkan untuk belajar berbicara di depan umum dan penyampaian pesan melalui media, antar individu maupun kelompok.

Ilmu komunikasi berkembang melalui berbagai pendekatan-pendekatan antara lain adalah:

  • Pendekatan Scientific (Ilmiah-Empiris), merupakan sebuah pendekatan melalui sebuah penelitian terhadap suatu fenomena.Contohnya seperti pada ilmu biologi, fisika, matematika, kedokteran dan lain sebagainya.
  • Pendekatan humanistic ( humaniora interpretatif ), merupakan suatu metode penelitian dengan cara mengamati sikap dan juga perilaku dari orang yang ditelitinya, untuk itu seseorang harus menyatu atau membaur secara aktif di dalam kehidupan orang yang ditelitinya tersebut. Contohnya seperti sejarah, kebudayaan dan juga pengalaman pribadi.
  • Pendekatan social sciences ( ilmu-ilmu sosial ), merupakan penggabungan dari kedua pendekatan sebelumnya yaitu pendekatan scientific dan pendekatan humanistic. Karena dalam pendekatan ini merupakan pendekatan tentang kehidupan manusia, sehingga ilmu pengetahuannya juga terbagi menjadi dua yaitu ilmu pengetahuan tentang tingkah laku dan ilmu pengetahuan tentang interaksi sosial manusia.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang perbedaan social studi dengan social science dapat dilihat pada https://brainly.co.id/tugas/18371443

#BelajarBersamaBrainly

[answer.2.content]